Kreatifitas Angklung dan Marawis

Kreatifitas Angklung dan Marawis

Akan ada tulisan-tulisan SADC yang mengulas kreasi angklung dari para pegiat angklung di masyarakat. Kali ini kami tertarik mengulas betapa menariknya kreasi para siswa dari SMK Tri Mitra Karawang. Bagai mana tidak terkesima, alunan angklung yang di padukan dengan marawis menjadikan music mereka terdengar unik dan menggugah semangat.

Dengan menyanyikan sebuah lagu melayu berjudul “Laksmana Raja di Laut” yang dipopulerkan Siti Nurhaliza. hentakan marawis yang menjadi pembuka lagu tersebut telah berhasil memposisikan dirinya sebagai kunci dari intro lagu, dan kita semakin penasaran dengan apa yang selanjutnya akan mereka suguhkan.

Pada detik selanjutnya, getaran angklung melatari suara sang vokalis wanita. Cengkoknya syarat akan nuansa melayu, tentu saja ini menjadi paduan yang pas. Seakan mengawinkan cengkok vokal melayu dengan getaran bilah bambu pada angklung. Wow, pasangan yang serasi bukan?

Lalu enam siswa lelaki datang siap menari lengkap dengan membawa perkusi. Gerakan dengan irama yang serasi ini semakin membuat kita terpukau dan ingin tetap menyimaknya hingga selesai. Koreographinya sebenarnya sederhana, namun sangat berperan dalam menghidupkan suasana. Sejenak kita dibuatnya terhipnotis dan tersenyum menyimak pertunjukannya.

Sebagai kesimpulan dari keseluruhan ulasan kami, video berdurasi 04.59 ini sangatlah kaya akan ide. Keberadaan angklung disana membuktikan bahwa angklung adalah instrument yang cukup adaptable dan universal. Kita tentu bangga akan hal ini dan semoga video semacam ini dapat menginspirasi kita para pegiat angklung untuk lebih banyak berkarya dan mengksplorasi ide kita lebih liar lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *